Apa Itu Program C++

Contoh Program C++
Contoh Program C++

Mungkin bagi Anda yang masih sangat awam dengan pemrograman, tidak mengenal sama sekali dengan bahasa pemrograman c++ ini. Jika dilihat dari sejarahnya, bahasa C++ ini muncul di tahun 1970an. Bahasa ini dikembangkan oleh seseorang bernama Bjarne Stroustrup.

C++ adalah bahasa pemrograman turunan dari bahasa pemrograman C. Kalau Bahasa C adalah bahasa yang sifatnya prosedural, C++ orientasinya pada objek. Atau dalam bahasa pemrograman disebut Object Oriented Programming.

C++ muncul karena ketika membuat sebuah software yang skalanya besar, C tidak cocok untuk dipakai karena tidak efisien. C terlalu banyak percabangan, kode yang harus diketikkan, dan juga perulangan. Karena itulah kemudian lahir bahasa C++.

Aplikasi yang Dipakai Bahasa C++

1. Test Editor

Untuk membuat sebuah bahasa pemrograman, Anda bisa memakai banyak aplikasi. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan menggunakan aplikasi Text editor seperti misalnya notepad atau notepad++. Langkah berikutnya Anda bisa menggunakan aplikasi compiler yang bisa Anda dapatkan di internet.

2. DEV C++

Beberapa orang, terutama yang belajar bahasa pemrograman di kuliah atau sekolah, biasanya menggunakan aplikasi DEV C++ 5.11 atau seri di atasnya. Tapi ada juga perusahaan gaming atau software yang menggunakan aplikasi IDE Visual Studio 2015 dan update-an ke atasnya.

3. Atom

Atom adalah aplikasi text editor yang sifatnya open source. Aplikasi ini bisa Anda pakai untuk Linux, Windows, dan OS X. Aplikasi yang dibuat oleh Github ini cukup nyaman untuk digunakan, apalagi oleh seorang pemula.

Kekurangan aplikasi ini adalah ukuran yang besar dan memberatkan komputer. Kalau komputer Anda spesifikasinya rendah, disarankan tidak menggunakan aplikasi ini.

4. Sublime Text

Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur yang membantu Anda ketika menulis listing. Bahkan sublime text bisa memprediksi kode yang Anda tulis. Jadi akan mempercepat waktu pengerjaan. Tapi, kelemahannya adalah tidak adanya fitur run jadi Anda tidak bisa melihat hasil tulisan Anda kecuali menggunakan program lain.

Komentar